PESONA NEGERI SERIBU BUKIT - BLANGKEJEREN, GAYO LUES

Julukan Negeri Seribut Bukit sudah sangat melekat untuk sebuah daerah di salah satu Kabupaten yang ada di Wilayah Aceh ini, yaitu Kabuten Gayo Lues.

Tidak salah daerah ini dijuluki dengan istilah Seribu Bukit karena memang hampir diseluruh tempat di daerah ini berbukit-bukit dan di kelilingi dengan gunung-gunung

Secara geografis daerah ini terletak di ketinggian 400 sampai 1200 meter di atas permukaan laut [1]. Kawsan ini sangaat sejuk baik di malam dan pagi hari ataupun di siang harinya.

Sumber Gambar: Google Map

Suku Gayo adalah suku daerah ini. Walaupun daerah ini berada di wilayah Aceh, namun suku Aceh dan Gayo memiliki perbedaan baik secara bahasa dan adat istiadat.

Tari Saman
Jika tari saman Aceh dilakukan oleh wanita [2], maka tari saman Gayo dilakukan oleh Laki-laki.

Sumber: Youtube

Wisata Kedah
Kedah merupakan salah satu desa yang terletak disalah satu kecamatan yang ada di Gayo Lues.
Tidak terlalu jauh dari kota kecamatannya, Kuta Panjang, lokasi wisata Kedah dapat dicapai menggunakan sepeda motor dan mobil atau kendaraan pribadi. Jalanan yang menanjak yang memang lokasinya berada di ketinggian.

Ketika sampai di lokasi wisata tersebut hamparan pohon pinus adalah hal yang biasa anda jumpai di lokasi ini. Rimbun dan sejuk serta nyaman bisa anda rasakan di lokasi wisata Kedah.

Sumber Gambar: Adwin Maulana

Hutan dan sungai masih alami yang dipertahankan oleh warga sekitar untuk kelestarian lingkungan. destinasi ini wajib anda jumpai. Wisata Kedah Ini juga sebagai titik awal atau 'pintu' untuk menuju ke puncak gunung Leuser

Sumber Gambar: lensa.fotokita.net

Sumber Gambar: lensa.fotokita.net

Gunung Leuser
Secara administrasi Taman Wisata Gunung Leuser ini terbagi di dua Wilayah yaitu Aceh dan Sumatra Utara. Sebagian Taman Wisata Gunung Leuser ini terletak di daerah Gayo Lues


Sumber Gambar: Leuser Lestari


Sumber Gambar: Leuser Lestari

Bagi anda para Pendaki Gunung, Gunung Leuser adalah salah tempat yang harus anda kunjungi jika melakukan visit ke Gayo Lues.

Menariknya, pemandu wisata yang terkenal sejak dulu untuk pendakian gunung ini adalah Mr. Rajali.
Sudah sejak tahun 1981 Mr. Rajali menjadi pemandu wisata bagi pendaki pecinta alam ataupun pendaki untuk penelitian.

Sumber Gambar: Fitri Juliana
’’Lauser itu nafas dan nadi saya, jadi tidak ada yang bisa melarang dan memecat saya kecuali Tuhan,’’ _Mr. Rajali
Mengambil titik Start di Desa Kedah, Blang jerango, Mr. Rajali akan memandu setiap wisatawan untuk mandaki Gunung Leuser.
Sumber Gambar: Supri Ariu

Air Terjun Dan Kolam Air Biru
Terletak di salah satu kecamatan di Gayo Lues, desa Rerebe, Air Terjun dan Kolam Air Biru adalah  salah satu tempat lagi yang wajib anda kunjungi bagi anda para wisatawan.

Sumber Gambar: Yuzar Alamsyah Usman

Destinasi ini akan manyuguhkan tiga objek wisata sekaligus yaitu dua air terjun dengan tempat yang terpisah yang tidak terlalu jauh dan kolam air biru.

Air terjun pertama akan mulai kelihatan saat anda mulai memasuki desa Rerebe ini. Dan, air terjun kedua sekaligus sumber air dari kolam air biru.

Sumber Gambar: Susi Susanti
Acara Si Bolang Trans7, Episode Berpetualang di Bumi Gayo Lues berlokasi di Air Terjun Rerebe.
Puncak Genting Pining
Di lokasi Puncak Genting Pining ini ada dua hal yang anda dapat nikmati di sana yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang berkunjung ke lokasi ini, secangkir kopi dan landscape.

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda tentang cita rasa dari Kopi Gayo. Di lokasi tersebut tersedia tongkrongan bagi anda penikmat kopi segakaligus dapat menikmati sejuknya udara ditambah dengan landscape yang disuguhkan begitu luar biasa indah oleh Sang Pencipta.

Kopi yang ditawarkan juga diolah secara tradisional oleh penjual yang dipetik langsung dari kebun sendiri. Tak kelewatan juga Kopi Luwak (kopi hasil pencernaan luwak) yang manjadi menu kopi andalan di lokasi ini.
Sumber Gambar: Andrenov

Kopi Gayo
Pada tanggal 9 - 10 Oktober 2010, Kopi Gayo oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) pada acara International Conference on Coffee Science menominasikannya sebagai The Best No. 1 [3]. Dan, di tahun 2018 ini, harga jual Kopi Gayo naik ke level tertinggi di pasar international. Menurut informasi yang dihimpun dari SerambiNews harga kopi Ready Export atau Grade I mencapai harga 7.5 USD /kg [4].

Cita rasa dan aroma yang khas dari Kopi Gayo dapat anda temukan di daerah Gayo Lues ini. Juga, Kopi Gayo ini sudah menjadi komoditi untuk dearah Gayo Lues. Anda akan menjumpai Kopi yang dipanen dan diolah secara tradisional oleh petani kopi.

Pesona Negeri Seribu Bukit di atas hanya sebagian kecil dari pesona-pesona yang ada di daerah tersebut. Seperti kebiasaan, adat istiadat, wisata dan lain-lain yang menarik yang akan anda jumpai ketika berkunjung ke sana dan tentunya menambah wawasan anda tentang alam Indonesia ini yang begitu beragam.

Semoga bermanfaat
Share:

1 comment:

Popular Posts

Followers

Labels

Blog Archive

Recent Posts