Pengasapan Kandang Ayam


Solusi Serba Serbi kali ini akan membahas yang berkaitan dengan ayam. Bukan ayamnya tetapi kandangnya.

Kali ini Saya akan membahas mengenai Pengasapan Kandang Ayam. 

Pembahasan mengenai pengasapan kandang ayam ini akan dimulai dengan pertanyaan,
 
   




Kandang ayam yang saya miliki kali ini memiliki empat ruang seperti gambar di atas. Jarak kaki Kandang ke lantai bagian bawah berjarak sekitar 45 cm, berguna untuk meletakan sabut kelapa yang dibakar dan mencegah agar kandang terhindar dari api yang menyala sewaktu-waktu agar kandang tidak terbakar. Setiap pijakan lantai kandang memliki rongga yang memungkinkan untuk asap melewati celah-celah kandang seperti gambar di bawah.
Pengasapan dilakukan dengan memanfaatkan limbah sabut kelapa.


Setelah dibakar, maka hasilnya seperti gambar di bawah ini




Kelebihan dan Kekurangan
Perlu menjadi catatan, lamanya durasi pengasapan dapat dilakukan dengan cara menambahkan sabut kelapa yang ada. Juga, banyaknya sabut perlu disesuaikan dengan besarnya kandang.

Gunakan tempat telur ini untuk melakukan pengasapan demi mencegah asap yang terlalu banyak.
Berikut hasil dari pengasapan menggunakan tempat telur tersebut.



Terlihat bahwa asap yang dihasilkan oleh tempat telur tersebut tidak terlalu banyak dan memungkinkan digunakan dilingkungan rawan polusi udara. Bisa juga alternative ini digunakan untuk kandang ayam yang lebih kecil.

Demikianlah info seputar pengasapan kandang ayam yang telah dilakukan. Bagi para Sahabat SI diharapkan untuk bisa saling berbagi dan bertukar informasi seputar hal ini ataupun yang berkaitan dengan ini.


Daftar Pustaka:
  1. Pengasapan (Akses pada tanggal 1 Juni 2016)
  2. Yefrida., Kasuma, Yani Putri., Silvianti, Richi., Lucia, Novita., Refilda., Indrawati. Maret 2008.Pembuatan Asap Cair dari Limbah Kayu Suren (Toona Sureni), Sabut Kelapa dan Tempurung Kelapa (Cocos Nucifera Linn)Laboratorium Kimia Analisis Lingkungan  Jurusan Kimia Universitas Andalas Vol 1, No. 2, Maret 2008.

Share:

Popular Posts

Followers

Labels

Blog Archive

Recent Posts